Panduan Menanam Buah Kiwi Agar Berbuah Lebat

Advertisement
Budidaya buah kiwi - buah kiwi adalah salah satu buah yang sangat mudah untuk dibudidayakan di indonesia, karena perawatan dalam menanam buah kiwi inipun tergolong sederhana dan yang paling asik adalah buah kiwi sangat mudah dipasarkan di indonesia loh. Suatu berkah tersendiri bukan bagi kita yang tinggal di tanah indonesia nan subur ini ? Belum lagi buah kiwi ini belum banyak yang membudidayakknya di indonesia sehingga kesempatan bagi anda sebagai pemain besar pun terbuka lebar. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel cara budidaya buah kiwi secara vegetatif yakni dari biji kiwi.

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai budidaya buah kiwi, alangkah baiknya kita mengenal beberapa karakteristik buah yang hendak kita budidayakan ini. Pertama buah kiwi ini adalah buah yang berasal dari negeri china dan masuk kedalam golongan beri berian, yang memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk. Beberapa manfaat yang dapat diambil dari mengkonsumsi buah kiwi diantaranya adalah menjaga kesehatan mata dan kulit, dapat mengobati gangguan asma, dapat memperlancar metabolisme didalam tubuh bahkan dapat mengobati gangguan penyakit jantung. Didalam jenisnya buah kiwi ini terbagi menjadi 2 golongan yakni buah kiwi green atau hijau dan juga buah kiwi golden.

Cara menanam buah kiwi di lahan pertanian


menanam kiwi


1. Proses Pembenihan


Pertama kali yang harus kalian lakukan adalah melakukan proses pembenihan terlebih dahulu, baru kemudian mempersiapkan lahan tanam. Hal ini berfungsi untuk mempersingkat waktu saja, benih yang anda semaikan akan tumbuh dengan subur sampai persiapan lahan selesai karena persiapan lahan tanam ini membutuhkan waktu yang cukup lama yakni 2 mingguan.

panduan budidaya kiwi

Untuk proses pembenihan silahkan anda beli biji kiwi yang berkualitas, hal ini akan sangat menentukan bagus atau tidaknya tanaman yang akan kita budidayakan nantinya. Setelah berhasil mendapatkan biji  kiwi, rendamlah biji biji benih tersebut kedalam air hangat kurang lebih selama 1 jam, selanjutnya biji kiwi dapat dikeringkan dan dibungkus dengan menggunakan tisu atau kapas dan disimpan selama kurang lebih 1 malam. Esok harinya biji buah kiwi dapat anda semaikan ke media semai seperti nampan khusus penyemaian atau didalam polibag. Pastikan lokasi penyemaian ini berada di tempat teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung.

2. Persiapan lahan budidaya

Buah kiwi termasuk kedalam tumbuhan tropis sehingga mampu tumbuh dengan sangat baik di indonesia yang memiliki iklim tropis. Buah kiwi dapat ditanam dimedia tanam apapun termasuk didalam pot atau polibag. Namun karena yang akan kita bahas adalah penanaman berskala besar maka yang kita butuhkan adalah lahan seperti sawah atau kebun.Siapkan lahan tanam yang telah diolah sebelumnya, tanah sudah digemburkan dan diberi pupuk kompos serta telah diatur kadar keasaman tanahnya ( Ph tanah ). Hal ini sangat penting agar nantinya buah kiwi ini dapat tumbuh dan berbuah dengan sangat baik. Oh iya buah kiwi ini termasuk tanaman yang merambat layaknya anggur, jadi anda juga harus membuat media rambat / anjang anjang di awal penanaman, untuk model dan bentuknya hampir sama dengan anjang anjang atau tiang rambat tanaman anggur ataupun markisa. Setelah 2 minggu lahan tanam telah selesai dipersiapkan sedemikian rupa, buatlah lubang tanam dengan jarak masing masing lubang 2 x 2 meter. Nantinya lubang lubang inilah yang akan ditanami dengan benih pohon kiwi.

3. Penanaman bibit kiwi

Untuk cara penanaman bibit pohon kiwi yang telah anda semaikan pada proses sebelumnya sangatlah mudah karena hampir sama dengan cara menanam pohon buah lain pada umumnya. Biasanya bibit yang telah disemaikan dalam tempo 10 hari sudah siap untuk ditanam di lahan permanen, bila bibit disemaikan didalam kapas basah alangkah baiknya dipindahkan terlebih dahulu kedalam plastik polibag agar pertumbuhan akar semakin baik dan kuat baru selanjutnya dapat dipindahkan kedalam lahan permanen. Bagi bibit yang sejak awal sudah disemaikan didalam polibag, bisa langsung masuk kedalam proses selanjutnya yaitu memasukkan bibit kedalam lubang tanam yang telah disediakan sebelumnya. Proses menanam bibit pohon kiwi ini sangat simple dan tidak membuatuhkan perlakuan secara khusus. Untuk waktu menanam yang baik adalah di pagi ataupun sore hari dimana sinar matahari melemah.

4. Proses Pemeliharaan Tanaman

Untuk pemeliharaan pohon buah kiwi pasca tanam juga tidaklah terlalu merepotkan, cukup lakukan penyiraman secara rutin 2 x sehari di pagi dan sore hari. Untuk pemupukan dapat dilakukan sesuai kebutuhan tanaman, sangat dianjurkan untuk memupuk menggunakan pupuk organik agar hasil buahnya dapat berbuah secara maksimal. Penyiangan gulma dan pembersihan lahan tanaman dapat dilakukan setidaknya 1 minggu sekali. Hal ini bertujuan untuk menjaga sumber makanan terjaga dengan baik dan tentu saja memaksimalkan hasil buahnya.

Baca juga : Cara buat pupuk organik bokashi

5. Pemanenan buah kiwi

Umtuk masa pemanenan buah ini tidak menentu dan tergantung dari cuaca saat proses menanam. Rata rata pohon kiwi dapat berbuah setalah 3 hingga 4 bulan terhitung sejak masa tanam di lahan permanen. Ciri buah kiwi yang telah matang dan siap untuk dipanen adalah buahnya telah mengeluarkan bau harum khas buah ketika matang. Selain itu ketika dipegang dan sedikit ditekan, buah yang matang akan terasa empuk mirip seperti buah sawo yang telah matang.  Masa panen dari buah kiwi tidak pasti, ini bergantung dengan cuaca pada saat proses penanaman. Biasanya buah kiwi dapat berbuah setelah 3 sampai 4 bulan. untuk proses pemanenan tidak boleh asal petik, karena akan merusak tanaman. Tetapi petiklah buah kiwi dengan menggunakan gunting. Gunting pada bagian batang buah kiwi yang dekat dengan buah kiwinya. Buah kiwi yang sudah matang akan mengeluarkan bau yang khas dan jika dipegang akan empuk. https://budidayacerdas.blogspot.com/

green golden kiwi
green kiwi dan golden kiwi

Untuk memanennya pun tidak asal memetiknya, anda harus menggunakan gunting petik atau pisau dan memotong tangkai buah sedikit lebih jauh, hal ini guna menjaga buah kiwi tidak mudah busuk. Bila diperhatikan cara panennya sangat mirip dengan panen buah markisa. Untuk anda yang ingin mengirim buah kiwi jauh ke daerah luar kota, alangkah baiknya memanen buah kiwi lebih awal, yaitu ketika buah belum terlalu matang dan sedikit keras sehingga pas waktu buah dikirim akan matang dari perjalanan sampai setibanya di tempat tujuan. Nah bagaimana cukup mudah bukan melakukan budidaya buah kiwi ini ? Selain mudah dalam menanamnya, pangsa pasar dari buah kiwi ini termasuk besar sekelas swalayan buah modern, maka jangan heran bila buah kiwi ini sulit ditemukan di pasar tradisional. Semoga bermanfaat tulisan cara menanam buah kiwi diatas.

Baca juga : Cara menanam dan membudidayakan buah naga


Advertisement

Advertisement