Cara Budidaya Pohon Tin Dengan Cara Stek Batang

Advertisement
Budidaya pohon tin atau ara - pada edisi sebelumnya kita pernah membahas 2 cara menanam pohon tin melalui metode biji dan juga cangkok, nah pada kesempatan kali ini kami akan kembali lagi membagikan artikel serupa yakni membudidayakan pohon tin alias pohon ara ini dengan metode vegetatif dengan cara menlakukan stek pada batang pohon. Metode stek batang ini sama halnya dengan metode mencangkok karena kedua metode ini termasuk kedalam cara perkembangbiakan secara vegetatif. Untuk sifat dan karakteristik dari tanaman yang di stek juga sama seperti karakteristik si indukannya.

Bagi anda yang tertarik juga untuk mencoba membudidayakan tanaman surga ini menggunakan metode stek batang, berikut hal hal yang perlu anda persiapkan dan lakukan.

Alat dan Bahan Untuk stek pohon tin


  • Batang pohon tin tua, berwarna hijau tua atau coklat tua.
  • Gunting pemotong ranting
  • Pisau cutter
  • Gelas minuman
  • Hormon ZPT ( Zat Pengatur Tumbuh )
  • Media tanam ste
  • Tempat sungkup
  • Fungisida


Cara Melakukan Stek Pohon Tin

Cara Budidaya Pohon Tin Dengan Cara Stek Batang



  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih batang pohon tin yang sudah tua dan masuk kriteria bisa dilakukan penyetekan. Selanjutnya potong ranting / batang tersebut menggunakan gunting khusus dengan panjang kurang lebih 15 sampai 20 cm, jangan lupa hilangkan seluruh daun yang menempel pada ranting tersebut.
  • Setelah ranting dipotong dan dihilangkan dedaunan yang menempel, langkah selanjutnya adalah dengan memotong bagian bekas guntingan tadi menggunakan pisau cutter. Hal ini ditujukan agar bagian kulit batang bekas guntingan yang kemungkinan pembuluh batangnya terjadi cacat atau rusak dapat dibuang dan menyisakan bagian pembuluh batang yang bagus.
  • Setelah itu anda bisa merendam pangkal dari batang / ranting yang telah kalian potong kedalam larutan ZPT + air selama kurang lebih 30 menit an. Selesai merendam bagian pangkal batang menggunakan larutan ZPT. Fungsi dari hormon ZPT ini adalah untuk merangsang / mempercepat proses tumbuhnya akar pada batang cangkok atau stek.
  • Selanjutnya angkat dan biarkan setengah kering kemudian rendam kembali batang tersebut kedalam larutan fungisida selama kurang lebih 15 menit an. Hal ini bertujuan agar batang yang nantinya ditancapkan kedalam media tanam tidak terserang jamur tanaman.
  • Nah melewati tahap ini batang tanaman tadi sudah bisa anda tancapkan ke media tanam seperti cocopear murni ataupun pasir + pupuk. Ingat batang yang di stek ini tidak boleh ditancapkan pada media tanam yang bersifat lembab atau basah karena dapat menyebabkan pembusukan pada pangkal batangnya, ujung ujungnya akar tidak keluar dan gagal. Cukup anda jaga suhu kelembaban media tanam stek - an saja.

Cara Budidaya Pohon Tin Dengan Cara Stek Batang
Keterangan gambar
1. proses perendaman larutan ZPT
2. proses penancapan stek ke media tanam
3. batang stek yang berhasil tumbuh


*

Langkah berikutnya adalah sungkup tanaman di lokasi yang terang namun teduh ( tidak terkena sinar matahari langsung ). Periksalah kondisi tanaman stek yang disungkup paling tidak 2 hari sekali, bila kondisi tanaman tadi mulai mengering siramlah menggunakan sprayer guna menjaga kelembabannya.
Biasanya setelah 2 hingga 3 minggu masa penyetekkan, akar dan tunas daun mulai tumbuh. Dan pada bulan berikutnya pertumbuhan akar semakin banyak dan menguat serta tunas daun pun sudah mulai banyak bermunculan, dan pohon tin yang seperti ini sudah siap untuk dipindahkan kedalam media tanam seperti pot atau bahkan di lahan permanen seperti sawah / kebun.

Baca juga : Cara praktis cangkok tanaman media botol

Nah mungkin cukup sampai disini artikel mengenai cara mengembang biakkan pohon tin dengan cara di stek batang. Cara membudidayakan tumbuhan secara vegetatif ini jauh lebih efisien dan cepat berbuah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Advertisement

Advertisement