Cara Mencangkok Tanaman Paling Praktis Menggunakan Botol

Advertisement
Cara mencangkok paling mudah - melakukan pencangkokan pada tanaman buah adalah salah satu dari sekian banyak cara yang berguna untuk memperbanyak bibit tanaman selain setek batang maupun dari biji. Namun dalam penerapannya dahulu, banyak sekali dari kita yang masih pemula dan baru belajar mencangkok dibuat kesulitan karena masih menggunakan media plastik ataupun sabut kelapa sebagai wadah Mencangkok.

Dan seiring bertambah maju ilmu pengetahuan di bidang perkebunan ini membuat banyak sekali tehnik cara mencangkok yang baru dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan limbah botol bekas yang bisa kita ubah menjadi media wadah cangkok pengganti plastik atau sabut kelapa, selain terkesan praktis penggunaan botol bekas minuman ini juga dinilai cara yang paling inspiratif dan ramah lingkungan. Nah bagi kalian yang saat ini ingin belajar mencangkok tanaman, dibawah ini budidayacerdas.blogspot.com akan membagikan beberapa tahapan cara mencangkok yang benar, silahkan disimak dengan baik.

cara mencangkok tanaman dengan botol


Bahan yang dibutuhkan untuk mencangkok

Tanaman yang memiliki kambium seperti tanaman belimbing, jambu jambu air, buah kelengkeng, buah rambutan dan lain sebagainya.
Tanah yang gembur dan juga pupuk organik

Alat yang dibutuhkan untuk mencangkok

Pisau tanaman atau cutter tajam
Botol bekas air minum
Tali rafia atau alat pengikat lainnya
Gergaji potong

Langkah melalukan cangkok pada tanaman

Pertama silahkan dipilih dahan yang hendak dicangkok. Untuk kriteria terbaik adalah dahan tanaman yang memiliki diameter kurang lebih 2cm ( tidak mutlak ). Tinggi dahan yang hendak dicangkok sebaiknya minimal 50cm lebih ( tidak mutlak juga ). Pastikan dahan yang akan anda cangkok adalah dahan yang tegak lurus keatas untuk mendapatkan tanaman hasil cangkokan yang lebih bagus, bila tidak ada ya silahkan pilih dahan mana saja terserah. Setelah dahan dipilih, selanjutnya adalah menyayat bagian kulit batang tanaman melingkar dengan panjang antara 5 sampai 10 cm. Hilangkan semua bagian kulit kambium yang menempel dan juga lendir tanaman tersebut dan keringkan bagian batang yang telah disayat tadi kurang lebih selama 2 harian.

Selanjutnya siapkan botol yang akan dijadikan media Mencangkok, pilih botol berdiameter yang sesuai dengan besarnya batang tanaman, kemudian belah botol tersebut menjadi dua bagian. Setelah itu belah separuh bagian botol tadi sehingga botol bisa dimasukkan kedalam batang tanaman. Ikat menggunakan tali rafia atau tali pwngikat lain yang anda punya. Masukkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk organik kedalam botol tadi sehingga seluruh bagian batang tanaman yang telah disayat tertutup sepenuhnya oleh tanah dan rapikan. Tutup bagian atasnya dengan menggunakan lembaran plastik, ikat dan beri lubang dengan jalan menusuk nusuknya menggunakan lidi.

Agar proses Mencangkok tadi berhasil anda harus menjaga tanah yang dijadikan media untuk mencangkok tersebut tetap dalam keadaan lembab, bila perlu lakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari bila cuaca tidak hujan sambil sesekali mengamati keadaan tanaman yang kalian cangkok tadi apakah sudah keluar akar ataumah belum, sebab tiap tanaman memiliki jangka waktu yang berbeda beda untuk tumbuhnya akar baru.

Bila tanaman yang dicangkok tadi sudah memiliki akar yang tumbuh sempurna, anda bisa memotong dahan tadi menggunakan gergaji potong tepat pada bagian bawah cangkokan. Dan sebaiknya tanaman hasil cangkok yang telah dipotong ini tidak langsung ditanam di lahan permanen, dan sebaiknya dilakukan penyemaian dahulu dengan jalan menanamnya didalam wadah polibag dan ditaruh di lokasi yang teduh agar tanaman ini dapat menyesuaikan akar baru mereka. Lamanya proses penyemaian ini paling baik adalah selama kurang lebih 2 hingga 3 bulan baru tanaman bisa ditanam di lahan permanen seperti kebun atau ladang.

Persiapan menanam tanaman hasil cangkok di lahan permanen

Untuk menanam tumbuhan hasil cangkokan ini caranya adalah sebagai berikut.

Persiapkan lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 50 x 50 x 80 cm atau lebih disesuaikan besarnya tanaman yang dicangkok. Selanjutnya masukkan pupuk kompos atau kandang kedalam lubang tanam setebal kurang lebih 30 cm dan biarkan lubang tersebut selama kurang lebih minimal 2 minggu an.

Setelah 2 minggu berlalu anda bisa memasukkan tanaman yang telah dicangkok tadi kedalam lubang tanam beserta tanah media cangkoknya, urug dengan tanah dan sedikit dipadatkan dan disiram. Untuk pemupukan pertama bisa dilakukan 1 bulan kemudian.

teknik mencangkok tanaman yang benar


Baca menarik lainnya Cara budidaya pohon buah Tin

Nah mungkin sampai disini penjelasan mengenai cara Mencangkok tanaman paling mudah dan praktis yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat dan selamat berkebun.


Advertisement

Advertisement